Kamis, 05 April 2012

Manusia dan Penderitaan


Penderitaan , berbicara soal penderitaan berarti kita harus tau makna / arti dari kata penderitaan tersebut . pengertian / makna penderitaan adalah suatu kejadian yang menyakitkan yang dapat di alami oleh setiap manusia dalam fisik maupun mental . Menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan . penderitaan dapat berupa penderitaan lahir dan batin atau juga dapat berupa lahir dan batin . Penderitaan termasuk realitas manusia dan dunia . intensitas penderitaaan juga ada tingkatan nya , ada yang berat dan juga berupa ringan . Namun peranan individu juga menentukan berat-tidak nya . intensitas penderitaan . suatu peristiwa yang dianggap penderitaan bagi orang lain . dapat pula suatu penderitaan merupakan energy untuk bangkit kembali bagi seseorang , atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagian .
Manusia dalam penderitaan nya mengalami sedikit kesiksaan dalam diri mereka , ke siksaan itu biasa nya mengenai batin mereka atau perasaan mereka . sedangkan siksaan sendiri menurut pengertian saya , adalah suatu sifat dalam batin manusia karena mengalami suatu penderitaan yang di alami oleh manusia . siksaan juga dapat diartikansebagai siksaan badan atau jasman , dan dapat berupa juga siksaan jiwa atau rokhani . akibat penderitaan semua manusia bisa mengalami siksaan tersendiri . akibat dari penderitaan dan mengalami siksaan , maka timbulah penderitaan siksaan yang sifat nya psikis salah satu daintarany adalah berupa , Kebimbangan , kesepian , dan ketakutan . ketakutan yang berlebihan disebut dengan istilah Phobia .
Dalam penderitaan batin dan siksaan manusia dituntut harus menahan penderitaan atau siksaan dengan mental yang kuat , dengan mental baja . penderitaan batin dalam ilmu psikologi dikenal dengan kekalutan mental . secara lebih sederhana kekalutan mental adalah gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persoalan yang harus diatasi sehingga yag bersangkutan bertingkah laku secara kurang wajar . biasa nya orang yang mengalami penderitaan mungkin akan memperoleh pengaruh bermacam-macam dan sikap dalam dirinya . sikap yang timbul dapat berupa sikap positif dan sikap negative . Sikap negative misal nya penyesalan karena tidak bahagia , sikap kecewa , putus asa atau ingin sampai bunuh diri segala . sedangkan sikap positif yaitu sikap optimis mengatasi penderitaan hidup , bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan , melainkan perjuangan membebaskan diri dari penderitaan dan penderitaan itu adalah hanya bagian dari kehidupan .

1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus