Senin, 18 Juni 2012

MANUSIA DAN KEADILAN .

MANUSIA DAN KEADILAN .
Dalam pengerjaan tugas saya , kali ini saya akan menulis  atau membahas tentang yang nama nya Manusia dan Keadilan ,  dimana saya akan menjelaskan sub-sub pokok yang ada kaitan nya dengan Manusia dan Keadilan yaitu :
1.       Pengertian Keadilan
2.       Keadilan Sosial
3.       Berbagai Macam Keadilan
4.       Kejujuran
5.       Kecurangan
6.       Perhitungan (HISAB) dan Pembalasan
7.       Pemulihan nama baik
8.       Pembalasan
Namun saya akan menjelaskan beberapa sub-sub tersebut , dan tanpa banyak basa basi lagi  saya akan menjelaskan nya , yang pertama
Pengertian keadilan
Keadilan adalah tindakan mausia dimana tindakan tersebut  dilandasi dengan ada rasa nya keadilan dan kebenaran yang dirasa manusia tersebut adalah benar , dan kebenaran itu diperjuangkan oleh manusia tersebut  . dan bicara soal keadilan saya akan bicara sedikit mengenai rasa keadilna di Negara atau bangsa yang saya cintai ini , contoh nya dalam masalah keadilan hukum di Indonesia , keadilan hokum di Indonesia ini saya rasa kurang ADIL , karena apa , karena  apa , yaa jelas karena ada nya SUAP / uang , atau yang biasa saya sebut dengan nama disogok , contoh kecil nya aja masalah yang sering saya tonton di berita belakangan ini , masalah korupsi . bayang kan , dan saya misalkan dengan berandai andai , seorang  ayah yang mencuri makanan / Hanphone , dengan alasan nya yang untuk memenuhi kebutuhan keluarga nya , dengan tentu nya dihajar atau di keroyok aleh masa yang melihat nya telah mencuri atau mencopet dan di hokum penjara semaximal maximal nya  , memang cara seorang ayah tersebut salah  , coba bayangkan dengan yang biasa disebut dengan KORUPTOR , dia mencuri uang rakyat nya dengan kepentingan dia sendiri , dan ketika dia ketawan korupsi , dia akan mudah nya membayar atau menyogok orang supaya hukuman penjara nya diringankan dengan uang hasil Korupsi nya .  itulah sedikit celotehan saya tentang Pengertian keadilan , dan saya akan menerusakan dengan menjelaskan mengenai keadilan social .
Keadilan Social
Setiap insan manusia di dunia ini berhak untuk mendapat kan keadilan yang seadil-adilnya sesuai dengan kebijakannya masing-masing. Sedangkan pengertian nya sendiri saya menyikapinya dari pancasila yaitu langkah yang menentukan untuk melaksanakan Indonesia yang adil dan makmur. Keadilan juga ada macam atau jenis nya yaitu :
1.       Keadilan Legal atau Keadilan Moral
2.       Keadilan Komulatif
3.        Keadilan Distributif
Setelah keadialn sasial lanjut dengan pengertian kejujuran .
Kejujuran
Pada keterikatan nya setiap manusia sebenarnya harus dilandasi oleh sikap dan kesadaran yang berdasarkan oleh pengakuan kebenaran , dan saya yang beragama islam diajarkan , diperjelas  bagi muslim untuk bersikap jujur, karena sikap jujur dapat menjadikan manusia tersebut mulia, dan dapat menjadi contoh untuk yang lainnya. Dan bahkan di semua agama pasti di jarkan untuk bersikap seperti itu . sedangkan pengertian nya sendiri kejujuran adalah  sikap yang diambil dari dalam nurani hati manusia, sesuatu dapat dikatakan jujur, jika orang berbicara dengan benar dan dengan fakta yang didasarkan oleh hati nurani manusia tersebut.
Kecurangan
Kecurangan sangat berbanding terbalik sekali dengan nama nya kejujuran . Kecurangan ialah perbuatan yang tidak terpuji bagi manusia, dikarenakan dapat merugikan orang lain dan hanya menguntungkan dirinya sendiri. Contohnya seorang pembalap motor untuk meraih kemenangan mendapatkan juara, dengan sengaja mensabotase motor pembalap lainnya, dengan anggapan ia bisa menang dan motor yang disabotasenya mengalami kecelakaan sehingga mencelakai pemilik kendaraan yang desabotase dan merugikan nya . Hal tersebut termasuk dalam kecurangan yang tidak patut dicontoh.
Perhitungan (HISAB) dan Pembalasan

Perhitungan (HISAB) menurut pengertian saya sendiri adalah penghitungan atau penimbangan pahala , amal perbuatan baik maupun buruk kita selama kita masih hidup dan akan balasan nya tersendiri di dalam perhitungan tersebut .  perhitungan tersebut akan di hitung setelah kita meninggal .  pembalasan merupakan suatu reaksi atas perbuatan yang kita lakukan terhadap orang lain. reaksi tersebut dapat berupa yang seimbang, tingkah laku yang serupa, tingkah laku yang seimbang.
pembalasan oleh adanya pergaulan. pergaulan yang bersahabat mendapatkan balasan yang bersahabat. pergaulan yang penuh kecurigaan menimbulkan pembalasan yang tidak bersahabat pula.
pada dasrnya manusia adlah makhluk moral dan makhluk sosial. Dalam bergaul manusia harus mematuhi norma-norma untuk mewujudkan moral itu.
Pemulihan Nama Baik .
Pemulihan nama baik yaitu ketika dimana nama kita sedang ternodai atau sedang ada masalah atau sedang dituduh yang padahal tidak semestinya kita begitu ., sehingga kita / nama kita di cap oleh orang / msyarakat sebagai orang yang mempunyai masalah , dan kita berusaha untuk memperbaiki nama kita itu dengan cara menunjukan bahwa kita tidak seperti apa yang dituduh , itulah yang dinamakan dengan Pemulihan Nama Baik .
Pembalasan
Pembalasan adalah membalas perbuatan orang lain yang pernah dilakukan kepadanya. Dalam islam pembalasan adalah tindakan yang tidak terpuji, lebih baik menyadarkan kepada orang itu bahwa perbuatannya itu tidak baik.





                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar