Minggu, 18 Desember 2011

keluarga Yang Ideal

keluarga Yang Ideal

dalam kesempatan ini saya akan menulis tentang keluarga yang ideal itu seperti apa ,

Manusia adalah mahluk yang hidup dalam berkelompok dan mempunyai organisme yang terbatas di banding jenis mahluk lain ciptaan Tuhan. Untuk mengatasi keterbatasan kemampuan organisasinya itu, menusia mengembangkan sistem-sistem dalam hidupnya melalui kemampuan akalnya seperti sistem mata pencaharian, sistem perlengkapan hidup dan lain-lain. Dalam kehidupannya sejak lahir manusia itu telah mengenal dan berhubungan dengan manusia lainnya. Seandainya manusia itu hidup sendiri, misalnya dalam sebuah ruangan tertutup tanpa berhubungan dengan manusia lainnya, maka jelas jiwanya akan terganggu.
Naluri manusia untuk selalu hidup dan berhubungan dengan orang lain oleh karena itu manusia disebut mahluk sosial. Dengan adanya naluri ini,manusia mengembangkan pengetahuannya untuk mengatasi kehidupannya dan memberi makna kepada kehidupannya, sehingga timbul apa yang kita kenal sebagai kebudayaan yaitu sistem terintegrasi dari perilaku manusia dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Dengan demikian manusia dikenal sebagai mahluk yang berbudaya karena berfungsi sebagai pembentuk kebudayaan , Perkembangan dari kondisi atau kebudayaan ini menimbulkan kesatuan-kesatuan manusia, kelompok-kelompok sosial yang berupa keluarga . Maka terjadilah suatu sistem yang dikenal sebagai sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial yang mengatur kehidupan mereka, memenuhi kebutuhan hidupnya.       

keluarga menurut pengertian saya sendiri adalah sekelompok makhluk hidup atau manusia yang terdiri dari seorang lakilaki dan perempuan yang hidup secara berdampingan dan yang hidup dalam satu ikatan , yang biasa di sebut dengan perkawinan yang sah . Keluarga itu juga merupakan satu kesatuan orang-orang  yang berinteraksi dan saling berkomunikasi, yang memainkan peran suami dan istri, bapak dan ibu, anak laki-laki dan anak perempuan
Keluarga adalah unit/satuan masyarakat terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat. Kelompok ini dalam hubungannya dengan perkembangan individu sering dikenal dengan sebutan primary group. Kelompok inilah yang melahrikan individu dengan berbgai macam bentuk kepribadiannya dalam masyarakat.
keluarga yang menurut saya ideal adalah keluarga yang dalam kehidupan nya  serba hidup berkecukupan atau lebih dari cukup , terdapat 2 orang anak atau lebih . Dimana keluarga tersebut atau kepala keluarga tersebut dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarga tersebut ,  dapat menafkah kan keluarga nya . Apabila terdapat suatu masalah dalam keluarga tersebut , keluarga tersebut bisa memecahkan masalah tersebut dengan cara kekeluargaan . Tidak memiliki masalah dengan keluarga yang lain atau dengan masyarakat di sekitar lingkungan keluarga tersebut atau di luar lingkungan nya . Dalam keluarga tersebut dapat mempertahankan suatu kebudayaan bersama yang sebagian besar berasal dari kebudayaan umum yang lebih luas.


Dalam berkeluarga ada hubungan individu dalam sebuah keluarga yang ideal ,
Individu merupakan sebutan yang dapat digunakan untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas.Individu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tak dapat dibagi, melainkan sebagai kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan. Individu dalam kaitannya dengan pembicaraan mengenai keluarga dan masyarakat manusia, dapat pula diartikan sebagai manusia.
Dalam perkembangannya setiap individu mengalami dan dibebankan berbagai peranan, yang berasal dari kondisi kebersamaan hidup dengan sesama manusia atau keluarga . Seringakli terdapat konflik dalam diri individu, karena tingkah laku yang khas dirinya bertentangan dengan peranan yang dituntut masyarakatnya. Namun setiap warga masyarakat yang namanya individu wajar untuk menyesuaikan tingkah lakunya sebagai bagian dari perilaku sosial masyarakatnya. Keberhasilan dalam menyesuaikan diri atau memerankan diri sebagai individu dan sebagai warga bagian masyarakatnya memberikan konotasi  dalam arti sosial. Artinya individu tersebut telah dapat menemukan kepribadiannya atau dengan kata lain proses aktualisasi dirinya sebagai bagian dari lingkungannya telah terbentuk.
Demikianlah cerita atau pendapat saya tentang keluarga yang ideal serta hubungan dengan individu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar