Selasa, 20 Desember 2011

Pelapisan Sosial yang Timbul Dalam Masyarakat

Pelapisan Sosial yang Timbul Dalam Masyarakat

Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Pelapisan Sosial yang Timbul Dalam Masyarakat dengan pendapat yang sedikit saya ketahui

Pelapisan maskudnya adalah keadaan yang berlapis-lapis atau bertingkat-tingkat. Istilah pelapisan diambil dari kata stratifikasi , sedangkan sosial adalah adanya penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat tingkatan tinggi dan rendah . Jadi yang dimaksud dengan pelapisan sosial adalah keadaan yang berlapis-lapis atau bertingkat-tingkat penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat tingkatan tinggi dan rendah .
Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang hidup bersama, bercampur untuk waktu yang cukup lama, sadar bahwa mereka merupakan suatu kesatuan dimana mereka merupakan sistem hidup bersama . Dasar dan inti lapisan-lapisan didalam masyarakat adalah karena tidak adanya keseimbangan dalam pembagian hak, kewajiban dan tanggung jawab, serta dalam pembagian nilai-nilai sosial an pengaruhnya diantara anggota masyarakat .
Terjadinya pelapisan sosial di dalam masyarakat , Adapun orang-orang yang menduduki lapisan tertentu dibentuk bukan berdaarkan atas kesengajaan yang disusun sebelumnya oleh masyarakat itu, tetapi berjalan secara alamiah dengan sendirinya. Oleh karena sifanya yang tanpa disengaja inilah maka bentuk pelapisan dan dasar dari pada pelapisan ini bervariasi menurut tempat, waktu dan kebudayaan masyarakat dimanapun sistem itu berlaku. Pada pelapisan yang terjadi dengan sendirinya, maka kedudukan seseorang pada suatu setara tertentu adalah secara otomatis, misalnya karena usia tua, karena pemilikan kepandaian yang lebih, atau kerabat pembuka tanah, seseorang yang memiliki bakat seni . Palapisan sosial bisa disusun dengan cara sengaja dengan maksud dan tujuan untuk mengejar tujuan bersama . Didalam pelapisan ini ditentukan secara jelas dan tegas adanya wewenang dan kekuasaan yang diberikan kepada seseorang. Dengan adanya pembagian yang jelas dalam hal wewenang dan kekuasaan ini, maka didalam organisasi itu terdapat peraturan sehingga jelas bagi setiap orang yang ditempat mana letakknya kekuasaan dan wewenang yang dimiliki dan dalam organisasi .
Dalam pelapisan sosial yang terjadi di dalam masyarakat ini tidak di pungkiri dengan ada nya dampak positif atau negatif yang terjadi dari pelapisan di pelapisan sosial masyarakat . Menurut saya dampak positif yang terjadi di dalam pelapisan sosial masyarakat adalah saling menghargai antara umat bergama , tidak terpengaruhi oleh perbedaan atas dasar bangsa, ras, agama atau kelamin, karena itu bersifat asasi serta universal. Bahwa tiap-tiap penduduk atau maasyarakat nya untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu , dan tiap-tiap warganegara atau masyarakat berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan . Sedangkan dampak negatif yang terjadi di dalam pelapisan masyarakat , menurut saya adalah dengan ada nya masyarakat tertentu dan adanya sebagian penduduk ikut terlibat dalam kepemimpinan, sebaliknya dalam masyarakat tertentu penduduk tidak diikut sertakan . Dalam lapisan masyarakat ada yang bisa disebut lapisan elite , dalam pengertian umum elite menunjukkan sekelompok orang yang dalam masyarakat menempati kedudukan tinggi. Dalam arti lebih khusus lagi elite adalah sekelompok orang terkemuka di bidang-bidang tertentu dan khususnya golongan  kecil yang memegang kekuasaan. Ada dua kecenderungan untuk menetukan elite didalam masyarakat yaitu , menitik beratakan pada fungsi sosial dan adanya pertimbangan-pertimbangan yang bersifat moral. kecenderungan ini melahirkan dua macam elite yaitu elite internal dan elite eksternal, elite internal menyangkut integrasi moral serta solidaritas sosial yang berhubungan dengan perasaan tertentu pada saat tertentu, sopan santun dan keadaan jiwa. Sedangkan elite eksternal adalah meliputi pencapaian tujuan dan adaptasi berhubungan dengan problema-problema yang memperlihatkan sifat yang keras masyarakat lain atau masa depan yang tak tentu.



Dan menurut pendapata saya tersendiri ada pun cara tersendiri untuk menghindari kecenderungan timbulnya pelapisan masyarakat tersebut , dengan cara yaitu memang kembali kepada diri pribadi kita sendiri atau dari lapisan masyarakat nya , tidak membeda- bedakan lapisan masyarakat kalangan atas atau yang bisa disebut elite dengan masyarakat kalangan bawah , saling menghormati antara lapisan sosial tersebut . Tidak memandang derajat yang lebih tinggi , karena pada hakikat nya sama di mata Tuhan YME .
Demikianlah pendapat saya mengenai Pelapisan Sosial yang Timbul Dalam Masyarakat .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar