Rabu, 18 Juni 2014

Ponsel Pintar


Ponsel Pintar
Ponsel pintar atau yang biasa disebut sekarang Smartphone. Smartphone, tablet, dan kini phablet gabungan antara Ponsel dan Tablet, perangkat yang dulu hanya berstatus pelengkap sekarang justru menjadi kebutuhan utama. Agak sulit rasanya melihat masyarakat urban bisa lepas dari gadget-gadget tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Tua , muda, bahkan anak-anak sudah mengenal sejak masih balita. Wajar kita kemudian generasi sekarang, generasi yang selalu ingin terhubung ke internet.
Kita  sudah mengenal perangkat mobile ketika telpon seluler (ponsel) mulai masuk ke Indonesia di era 90-an. Kala itu, terjadi karena peralihan cepat dari perangkat mobile generasi sebelumnya,  pager. Tak sampai 1 dekade, ponsel berhasil menggusur pager dan menjadi primadona baru dalam industry telekomunikasi. Harga satu unit ponsel dan starter pack SIM card yang pada awalnya sangat mahal. Lambat laun semakin terjangkau harganya.

Setelah sukses menggusur pager dan kemudian fixed telephone (telepon kabel ), teknologi ponsel terus berkembang hingga muncul spesies baru yang disebut ponsel pintar atau smartphone. Sejarah mencatat, IBM lah salah satu perusahaan yang memarkan smartphone bernama ibm simon di ajang COMDEX 1992. Namun, kita juga tidak bisa melupakan Nokia 9000 communicator sebagai smartphone yang paling prestesius dan tersukses pada masanya. Perkembangan smartphone semakin eksplosi setelah apple merilis iPhone generasi pertama pada tahun 2007 dan Android diperkenalkan sebagai mobile OS yang bersifat OpenSource pada 2008.

Belum lagi smartphone benar-benar membuat feature-phone punah, muncul lagi yang namanya tablet PC., perangkat mobile dengan layar 7-10 inci yang juga menggunakan mobile OS. Dan baru-baru ini mucul juga spesies ponsel baru yang disebut Phablet (gabungan dari smartphone dan tablet) dengan dimensi layar 5,1-6,9 inci. Yang patut dicermati adalah perkembangan adalah perkembangan hardware di setiap gadget tersebut selama 2 tahun terkhir. Pasalnya semakin banyak smartphone , phablet, maupun tablet yang menawarkan spesifikasi yang tinggi mulai dari Ram, Prosesor, hingga graphics processing unit (GPU).
Perkembangan itu membuat vendor PC terterik untuk terjun ke industri ke pasr perangkat mobile. Nama-nama besar seperti asus, acer, dan Lenovo telah mempunyai lini bisini khusus perangkat mobile. Fenomena ini mau tak mau mendorong intel sebagai produsen prosesor terbesar untuk PC dan Notebook, untuk mengikuti tren yang sedang berkembang. Meski terbilang paling akhir memasuki kancah persaingan mobile, intel tetap percaya diri. Kehadiran intel saja sudah cukup menjadikan tahun 2014 sebagai tahun mobile. Satu hal lagi yang akan membuat tahun ini sebagai yahun mobile adlah kehadiran 4G LTE. Setelah internux  merilis produk mobile  Wi-Fi bernama Bolt pada November lalu, harapan terhadap akses  wireless broadbrand internet yang lebih andal melambung. Jika layanannya sudah dinikmati, semakin sempurnalah tahun ini sebagai Tahun Mobile  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar