1.1
Pendahuluan
Dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, telah menciptakan
banyak peluang bisnis baru yang transaksi-transaksi bisnis makin
banyak dilakukan secara elektronika. Perkembangan internet yang cepat
dan memberi pengaruh yang signifikan dalam segala aspek kehidupan,
seperti jual-beli. Penggunaan internet tidak hanya terbatas pada
pemanfaatan informasi yang dapat diakses melalui media internet,
melainkan juga dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan
transaksi perdagangan yang dikenal dengan istilah Eletronic Commerce
atau E-Commerce.
Berinteraksi, berkomunikasi bahkan melakukan perdagangan dengan
orang dari seluruh dunia dengan cepat dan mudah. Beberapa tahun
terakhir ini dengan begitu merebaknya media internet menyebabkan
banyak perusahaan yang mulai mencoba menawarkan berbagai macam
produknya menggunakan media ini. Dan salah satu manfaat dari
keberadaan internet adalah sebagai media promosi suatu produk yang
dionlinekan melalui internet yang dapat membawa keunutngan besar bagi
pengusaha karena produknya di kenal di seluruh dunia.
Keberadaan E-Commerce merupakan alternatif bisnis yang cukup
menjanjikan untuk diterapkan pada saat ini, karena E-Commerce
memberikan banyak kemudahan bagi kedua belah pihak, baik dari pihak
penjual (merchant) maupun dari pihak pembeli (buyer) di
dalam melakukan transaksi perdagangan. Dengan E-Commerce setiap
transaksi tidak memerlukan pertemuan dalam tihap negoisasi. Oleh
karena itu jaringan internet ini dapat menembus batas geografis dan
teritorial.
1.2 Definisi Telematika
Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika.
Istilah telematika sering dipakai untuk berbagai macam bidang,
sebagai contoh adalah:
- Intergrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dinkenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
- Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology). Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalu lintas (road vehicles dan vehicle telematics).
Jadi telematika itu sendiri dapat diartikan sebagai sistem jaringan
komunikasi jarak jauh dengan teknologi informasi yang lebih mengacu
kepada industri yang berhubungan dengan penggunaan komputer dalam
sistem telekomunikasi. Salah satu contoh telematika yaitu internet.
1.3 Perkembangan Telematika
Perkembangan telematika saat ini telah banyak mengalami kemajuan
yang sangat pesat dengan banyaknya bidang yang memanfaatkan
telematika seperti bidang telekomunikasi yang berfokus pada
pertukaran data yang menjadi kebutuhan konsumen mereka seperti
telekomunikasi lewat telepon, saluran televisi, radio dan media
lainnya.
Masyarakat pun bisa dengan mudah mengakses internet dari rumah
maupun di kantor dengan jaringan broadband yang disediakan oleh
bermacam-macam penyedia jasa internet. Murahnya jasa penyedia layanan
internet pun menjadikan perkembangan telematika semakin cepat. Akses
masyarakat terhadap internet pun semakin mudah, kini masyarakat
Indonesia dapat dengan mudah mengakses internet kapan dan dimana
saja, oleh karena itu mudahnya masyarakat mengakses internet pun
mempengaruhi perkembangan E-Commerce saat ini.
1.4 Trend Telematika ke Depan
Seiring
berkembangnya gaya hidup manusia, tentunya menjadi salah satu faktor
pendukung berkembangnya teknologi informasi. Kebutuhan akan informasi
yang digunakan sebagai penunjang keputusan untuk masa depan. Sehingga
menjadikan masyarakat dituntut untuk mengetahui informasi secara
cepat dan tepat.
Telematika
cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai
dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru
menggunakan teknologi internet, maka Indonesia tak ketinggalan dalam
booming E-Commerce.
Pembangunan
sektor Telematika diyakini akan memengaruhi perkembangan
sector-sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh organisasi
telekomunikasi dunia, ITU yang konsisten menyatakan bahwa dengan
asumsi semua persyaratan terpenuhi, penambahan investasi sektor
telekomunikasi sebesar 1% akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional
sebesar 3%.
1.5 Prinsip Dasar Telekomunikasi
Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan 'Telekomunikasi' bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga :
- Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh :Pager, televisi, dan radio.
- Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Telepon dan VOIP.
- Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex)pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh :Handy Talkie, FAX, dan Chat Room
Masalah-masalah yang timbul pada telekomunikasi :
- Masalah terminal
- Masalah transmisi
- Bagaimana menyambungkan terminal-terminal tersebut dan bagaimana mengontrol atau mengendalikan penyambungan dari terminal-terminal tersebut.
1.6 Pengertian E-Commerce
E-Commerce adalah dimana dalam satu website yang menyediakan atau
dapat melakukan transaksi secara online atau juga bisa merupakan
suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct
selling yang memanfaatkan fasilitas internet dimana terdapat
website yang dapat menyediakan layanan “get and delive”.
E-Commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus
memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading
(perdagangan). Cara pembayaran pada E-Commerce adalah transfer antar bank melalui
teller/atm/mobile banking/internet banking ataupun secara digital
melalui account PayPal atau credit card.
Dalam prakteknya, berbelanja di web memerlukan koneksi ke internet
dan browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman, seperti
Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Microsoft dan
Netscape, bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit (Visa dan
MasterCard), serta perusahaan-perusahaan internet security (seperti
VeriSign), telah membuat standar enkripsi khusus yang menyediakan
jaminan keamananan 100% kepada pengguna credit cardnya yang
menggunakan E-Commerce.
1.7 Istilah-istilah dalam E-Commerce
a. Digital atau electronic cash
Metoda yang memungkinkan seseorang untuk membeli barang atau jasa
dengan cara mengirimkan nomor dari satu computer ke komputer yang
lain.
b. Electronic checks
Pada saat ini sedang di ujicoba oleh CyberCash, sistem check
electronic seperti PayNow akan mengambil uang dari account check di
bank.
c. Micropayment
Transaksi dalam jumlah kecil antara beberapa ratus rupiah hingga
puluhan ribu rupiah, misalnya untuk mengambil/mengakses grafik, game
maupun informasi.
1.8 Contoh E-Commerce
a. Pembelian buku melalui online
b. Pembelian elektronik melalui online
c. Pembelian kendaraan melalui online
d. Pembelian pakaian melalui online
1.9 Contoh Web E-Commerce
Contoh web E-Commerce adalah Printingkaos.com, salah satu web yang
menyediakan jasa pembuatan kaos dan jaket. Kebutuhan utama akan
sandang dan selera masyarakat yang berbeda, membuat printingkaos
menjalankan bisnisnya dengan menyediakan kaos dan jaket dengan
berbagai macam jenis dan ukuran disertai desain yang diinginkan oleh
customer yang tinggal mengupload di website tersebut.
Di sisi lain sangat membantu masyarakat yang ingin membuat kaos
personal ataupun perusahaan atau komunitas, namun di sisi lainnya web
ini belum disertai dengan paduan cara order untuk customer baru dan
belum adanya daftar stock kaos atau jaket yang ready atau out of
stock serta belum ada cara untuk direct otomatis jika ingin transfer
serta layanan pelacakan nomer resi.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar