Senin, 04 November 2013

Wacana yang Membedakan Pemanfaatan Bahasa Indonesia Pada Tataran Ilmiah, Semi Ilmiah, dan Non Ilmiah


Bahasa Pada Tataran Ilmiah
wacana ilmiah adalah Karya Ilmiah adalah karya tulis yang disusun oleh seorang penulis berdasarkan hasil-hasil penelitian ilmiah yang telah dilakukannya. adapun pengertian lain tentang kara ilmiah dimana dikatakan bahwa karya ilmiah (scientific paper) adalah laporan tertulis dan dipublikasi yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.
Contoh

Ini Bukti BBM Digandrungi Pengguna Android dan iOS

 

 BlackBerry Messenger (BBM) lintas platform mendapat respons yang sangat positif dari pengguna Android dan iOS. Hal tersebut dibuktikan dengan tingginya pengguna aktif aplikasi ini, satu minggu setelah peluncuran resminya.

Melalui blog resmi perusahaan, Kepala Divisi BBM Andrew Bocking mengumumkan, saat ini ada sekitar 20 juta pengguna aktif baru yang berasal dari platform Android dan iOS. 

Sekadar catatan, Bocking menyebut jumlah tersebut sebagai pengguna aktif. Artinya, pengguna secara rutin menggunakan aplikasi untuk berkirim pesan, tidak hanya mengunduh aplikasi.

Dengan tambahan 20 juta pengguna aktif ini, pengguna aplikasi BBM secara total sebanyak 80 juta. Tentu, ini merupakan kabar baik bagi BlackBerry yang saat ini tengah dirundung banyak masalah.

"Kekuatan dari BBM adalah selalu aktif, bentuk percakapan nyata dan interaksi yang dinikmati oleh pelanggan kami," kata Bocking, seperti dikutip dari CrackBerry, Rabu (30/10/2013).

"Mulai saat ini, kami akan fokus terhadap pengguna aktif BBM dan tidak akan lagi berfokus terhadap jumlah unduhan," lanjutnya.

Tanda-tanda suksesnya BBM lintas platform sebenarnya sudah mulai terlihat dari hari pertama kehadiran aplikasi tersebut di Google Play Store dan Apple App Store. Dalam 24 jam pertamanya, aplikasi ini telah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali.

Bukti lain BBM lintas platform sangat diminati adalah bertenggernya aplikasi chat ini di peringkat atas Google Play Store pada 35 negara yang berbeda, untuk kategori aplikasi gratis. Sementara itu, BBM lintas platform juga berhasil menduduki peringkat pertama di Apple App Store pada 107 negara, termasuk Kanada, AS, Inggris, dan Indonesia.(
kompas tekno)



Bahasa Pada Tataran Non Ilmiah

Penulisan Non ilmiah merupakan suatu karya tulis yang berbeda dari penulisan ilmiah. Dalam penulisan ilmiah dapat berupa fiksi yaitu rekaan atau karangan cerita yang di buat oleh seseorang dan di dapat dari sudut pandang pengarang itu sendiri. Dalam penulisan non ilmiah ini terdiri dari berbagai unsur yaitu penokohan, konflik, setting, dll. Walaupun begitu penulisan ini tidak boleh sembarangan dalam membuat tulisan dan harus sesuai dengan etika penulisan yang telah ada.
Dan didalam penulisan non ilmiah ini sudah dapat terlihat jelas bedanya dengan penulisan ilmiah. Yaitu terlihat dari bagaimana proses penulisan non ilmiah yang tidak teratur dan terkontrol seperti penulisan ilmiah.
Contoh dari karangan ini adalah seperti novel, cerpen, dongeng, komik maupun anekdot.


Bahasa Pada Tataran Semi Ilmiah

Semi Ilmiah adalah karangan ilmu pengatahun yang menyajikan fakta umum dan menurut metodologi panulisan yang baik dan benar, ditulis dengan bahasa konkret, gaya bahasanya formal, kata-katanya tekhnis dan didukung dengan fakta umum yang dapat dibuktikan benar atau tidaknya atau sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan dan penulisannyapun tidak semiformal tetapi tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah yang sintesis-analitis karena sering di masukkan karangan non-ilmiah. Maksud dari karangan non-ilmiah tersebut ialah karena jenis Semi Ilmiah memang masih banyak digunakan misal dalam komik, anekdot, dongeng, hikayat, novel, roman dan cerpen. Karakteristiknya :  berada diantara ilmiah. Bentuk karangan semi ilmiah yaitu artikel, editorial, opini, tips, reportase, dan resensi buku. Ciri khusus dari karangan semi ilmiah adalah menggunakan opini dari seseorang. Berikut adalah contoh pemanfaatan bahasa Indonesia pada tataran semi ilmiah .


Contohnya :

Pendiri Path Buka-bukaan soal Indonesia


 Path merupakan pendatang baru di ranah jejaring sosial yang meraih popularitas dalam waktu relatif singkat. Jumah anggotanya pun meningkat pesat, termasuk di Indonesia, yang menunjukkan bahwa layanan ini berhasil menarik hati pengguna dari berbagai kategori usia.

Angka anggota aktif Path di Indonesia pun ternyata yang terbesar di dunia, dengan jumlah mencapai kisaran 4 juta orang, sebagaimana diungkapkan oleh pendiri dan CEO Path, Dave Morin, dalam wawancara dengan situs 
Daily Social. 

Menurut Morin, yang sedang berkunjung ke Jakarta, para pengguna Path dari Indonesia ini sangat aktif dan setiap harinya menyumbang sekitar setengah dari keseluruhan aktivitas di Path. Dengan kata lain, 50 persen pengguna aktif harian Path berasal dari Indonesia.

Secara bulanan, Indonesia menyumbang 30 persen trafik internet Path, disusul oleh Amerika Serikat yang sama-sama menyumbang 30 persen. Negeri Paman Sam ini juga merupakan basis pengguna Path terbesar kedua di dunia setelah Indonesia. Sisanya sebanyak 40 persen datang dari negara-negara lain.

Pihak Path yang diwakili The Hatch Agency juga mengklarifikasi perihal rencana merilis aplikasi Path untuk BlackBerry, seperti yang disebut Morin dalam wawancara dengan TV One, Jumat (1/11/2013). Mengoreksi ucapan Morin, Path mengatakan belum berencana mengembangkan aplikasi untuk platform BlackBerry.

Path sendiri hingga akhir kuartal II 2013 lalu tercatat memiliki 12 juta pengguna yang berasal dari pengguna perangkat Android dan iOS. Saat ini, tim Path sedang fokus mengembangkan aplikasi untuk Windows Phone.

Path sejatinya adalah jejaring sosial yang bersifat personal. Jejaring sosial ini sengaja membatasi jumlah pertemanan hanya untuk 150 orang, untuk mengembalikan "arti berjejaring yang sesungguhnya". 

Didirikan pada 2010, Path saat ini diasuh oleh sekitar 50 karyawan yang berbasis di San Francisco, California, AS. Mereka juga punya kantor di Tokyo, Jepang, untuk memantau pasar Asia, yang di dalamnya terdapat banyak negara berkembang.(Kompas Tekno)

Refrensi :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar